Saturday, April 27, 2013

Alat untuk Mengecilkan Perut: Apakah Efektif?


Memiliki tubuh dengan berat badan ideal bukan hanya bagus untuk penampilan, namun juga menandakan bahwa kondisi tubuh anda baik dan tidak memiliki resiko terkena penyakit tertentu yang diasosiasikan dengan obesitas. Akan tetapi, banyak orang sering tidak mau berhenti sampai di situ dan ingin mendapat lebih, yaitu ingin bentuk perut yang kecil (kalau bisa seperti model). Karena itu, berbagai alat untuk mengecilkan perut menjadi sangat laris di pasaran. Bahkan mereka yang sebenarnya sudah memiliki berat badan ideal pun ingin membeli alat semacam ini karena ingin memiliki bentuk tubuh bak model atau aktris; biasanya, yang membelinya adalah mereka yang memiliki masalah perut bergelambir atau perut yang cembung (tidak rata) sehingga terlihat jelas saat mengenakan pakaian yang agak pas badan atau menggembung di sekitar pinggang celana. 

Salah satu alat untuk mengecilkan perut yang paling populer adalah korset. Bentuk korset yang ketat dan membentuk postur memang bisa mengecilkan bentuk perut setelah waktu pemakaian lama, terutama karena korset juga membentuk pinggang sehingga semakin memberi kesan bahwa perut nampak lebih ramping. Korset juga ada yang panjangnya sepaha sehingga juga bisa merampingkan paha. Akan tetapi, pemakaian korset yang terlalu lama kurang baik bagi kerja organ tubuh, plus korset biasa umumnya hanya memberi ilusi tubuh ramping, bukan dengan aktif membantu melangsingkan tubuh. Akibatnya, sekarang bermunculan produk korset baru yang disebut-sebut bisa melangsingkan tubuh dan mengecilkan perut secara aktif, belum termasuk puluhan jenis produk lainnya seperti minyak pelangsing, koyo, pakaian dalam ‘ajaib’ dan sebagainya. 
Pertanyaannya adalah: apakah berbagai alat untuk mengecilkan perut ini memang efektif?
Haruskah membeli Alat Pengecil Perut?
Anda yang memimpikan tubuh ramping dengan perut bak model mungkin akan tertarik membeli alat pengecil perut seperti korset, pakaian dalam, pil, minyak dan sebagainya yang kini banyak dijual di pasaran. Akan tetapi, harus diingat bahwa sampai saat ini, para dokter dan ahli diet di seluruh dunia masih selalu menyodorkan diet alami serta jenis olahraga tertentu sebagai cara mengecilkan perut nomor satu alih-alih suatu produk pelangsing tertentu. Saat ini, karena produk pelangsing telah menjadi komoditas, alat-alat yang beredar di pasaran tidak semuanya bisa dieprcaya karena lebih mengandalkan promosi besar-besaran ketimbang pembuktian secara ilmiah. Karena itu, ada baiknya anda tidak terlalu mengandalkan pembelian alat pelangsing perut karena hanya akan memboroskan uang.
Jadi, apakah itu berarti anda tidak bisa membeli alat pelangsing? Boleh saja, tetapi sebaiknya anda menerapkan tips-tips berikut sebelum membeli alat untuk mengecilkan perut:
  • Alat pengecil perut sebaiknya tidak dijadikan sarana utama untuk menurunkan berat badan dan mendapat bentuk tubuh ideal. Gunakan alat ini bersama metode yang lebih konvensional tetapi terbukti seperti olahraga, angkat beban dan mengatur makan.
  • Belilah alat yang tidak membahayakan diri ataupun mengganggu fungsi organ tubuh ketika anda memakainya, misalnya membuat anda susah bernafas atau terserang alergi. Jika tidak yakin akan bahan-bahan atau struktur alat tersebut, jangan pernah membelinya.
  • Pastikan anda melakukan penelitian pribadi terhadap produk tersebut. Lihatlah seberapa populer produk tersebut diiklankan, bagaimana reputasi pengiklannya dan carilah jika ada ulasan tentang produk tersebut, baik di majalah, koran, situs atau forum online. 
  • Jika anda tidak yakin tentang dampak suatu produk atau alat untuk mengecilkan perut terhadap kesehatan anda (atau jika anda mengidap penyakit tertentu yang bisa terpengaruh oleh alat ini), bicaralah dengan dokter sebelum membelinya.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment